Sabtu, 10 Maret 2012

Objek-Objek Ratu Boko

   Objek-Objek Candi Boko

Bangunan-bangunan yang terdapat di Situs Kraton Ratu Boko :

  1. Dua buah Gapura Utama
Dua buah gapura ini digunakan sebagai pintu masuk utama di situs Ratu Boko sebelum memasuki area dalam Ratu Boko.


  1. Candi Pembakaran
Candi Pembakaran terbuat dari batu putih. Candi ini menghadap ke barat. Di candi ini dulu pernah ditemukan abu, tetapi abu itu tidak terbukti abu mayat. Sampai sekarang candi pembakaran belum jelas fungsinya. Candi Pembakaran ini berukuran 26m x 26m.
3.      Sumur Tua
Sumur ini terletak di sudut tenggara Candi Pembakaran. Air dari sumur tua ini mengandung misteri. Konon, sumur ini bernama Amerta Mantana yang berarti Amerta (air) Mantana (mantra) yang mengandung air suci yang sudah bermantra.
Menurut mitos, air ini dapat berguna sesuai apa yang diinginkan dan sering dimanfaatkan untuk acara prosesi ritual antara lain pengambilan air suci untuk prosesi Tawur Agung umat Hindu.


4.      Umpak-umpak (Batur Pendopo)
Batur Pendopo terdiri dari 30 umpak. Umpak-umpak digunakan untuk barak pasukan perang.








5.      Alun-Alun
Alun-alun digunakan untuk upacara ceremonial atau acara tertentu dalam menyambut tamu kerajaan lain.







6.      Paseban
Paseban adalah ruang tunggu tamu yang ingin menghadap raja.
7.      Pendopo
Pendopo adalah bangunan utama di situs Ratu Boko, bangunan ini berfungsi sebagai tempat tinggal 
raja.


8.      Miniatur Candi
Miniatur Candi adalah tiruan bangunan candi dengan skala yang lebih kecil. Ada 3 miniatur candi di Ratu Boko.

9.      Keputren
Keputren adalah tempat tinggal para putri. Keputren terbuat dari batu andesit.


10. Gua
Gua dibedakan menjadi 2. Yaitu Gua Lanang dan Gua Wadon. Gua ini dibuat oleh manusia sehingga tidak dalam dan tidak tampak seperti Gua pada umumnya. Fungsi dari gua ini adalah sebagai tempat semedi. Dua buah gua ini terbentuk dari batuan sedimen yang disebut Breksi Pumis.











11. Kolam Pemandian
Kolam ini terdiri dari Kolam Wadon dan Kolam Lanang. Kolam ini berukuran 20m x 50 m.




                        Kolam Wadon                                        Kolam Lanang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar