Sabtu, 14 Juli 2012

Bentuk Galaksi


·      Bagaimana Manusia Tahu Bentuk Galaksi?
            Kita bisa melihat bentuk galaksi dengan menggunakan teleskop optik, radio, infra merah, sinar X, dan sinar gamma dari Bumi. Sayangnya, punya kekurangan. Misalnya, gambar yang diambil terhalang atmosfer. Karena itu, harus dilengkapi lagi dengan teleskop yang ditaruh di luar angkasa. Salah satunya adalah Hubble Space Telescope.
                                                Hubble Space Telescope
Gambar gambar yang diambilnya tidak buram tertutup atmosfer. Teleskop ini juga mampu mendeteksi keberadaan galaksi-galaksi yang jauh.
·      Bagaimana Kita Tahu Bentuk Galaksi Bima Sakti?
Bagaimana kita mengetahui  bentuk Galaksi Bima Sakti padahal kita berada di dalamnya? Pada malam hari, perhatikan jalur putih yang melintang di langit. Itu adalah kumpulan milyaran bintang di galaksi kita. Karena berupa jalur, para ahli berpendapat galaksi kita berbentuk ceper. Lalu, di bagian tertentu, jalur putih kelihatan menebal. Para ahli memperkirakan galaksi kita punya tonjolan di tengahnya. Ciri ciri itu mirip Galaksi Andromeda yang berbentuk ceper dengan tonjolan di tengahnya. Bentuk galaksi seperti itu disebut spiral. Maka, para ahli menyimpulkan Galaksi Bima Sakti juga berbentuk spiral.
            Cara lain mengetahui bentuk Galaksi Bima Sakti adalah menghitung kecepatan gerak bintang dan gas di galaksi kita. Ternyata, gerakannya lebih sering berputar daripada bergerak tak karuan. Itu juga ciri galaksi spiral.
                                                     Galaksi Andromeda

(Sumber : Majalah Bobo 7 Juni 2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar