Senin, 13 Agustus 2012

YANG MEMBANGGAKAN DARI INDONESIA !



Kita patut bangga menjadi warga negara Indonesia. Kekayaan alam dan budaya Indonesia tiada duanya. Inilah beberapa contoh fakta yang membanggakan dari Indonesia!

   1)    Indonesia adalah negara maritim (laut) terbesar di dunia. Luas perairan Indonesia 93.000 km2  dan panjang pantainya 81.000 km2  atau hampir 25% dari panjang pantai seluruh dunia


   2)   Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Menurut data Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional, jumlah pulau di seluruh wilayah Indonesia ada 17.506 pulau.



   3)   Indonesia memiliki jumlah suku bangsa dan bahasa daerah terbanyak di dunia. Ada lebih dari 740 suku bangsa dan 583 bahasa daerah serta dialek di seluruh Tanah Air.




   4)   Sebanyak 18% (60.000 km2 ) dari total terumbu karang di dunia (284.300 km2 ), ada di perairan Indonesia. Ini yang membuat kekayaan laut Indonesia melimpah. Ada sekitar 2.500 jenis ikan, 590 jenis karang batu, 2.500 jenis moluska, dan 1.500 jenis udang. Namun sayang, kini terumbu karang yang sehat tinggal 1.800 –an km2 karena perusakan oleh manusia.

                                    Keindahan laut Indonesia
   5)   Luas hutan tropis Indonesia terbesar ketiga di dunia, setelah hutan Amazon (Brazil) serta hutan di Ethiopia dan Kongo (Afrika). Hutan hujan tropis Indonesia berperan menyerap karbon dioksida (CO2 ) dan menghasilkan 8% suplai oksigen (O2 ) ke seluruh dunia. Namun sayang, kini luas hutan di Indonesia terus berkurang akibat penebangan liar, pembukaan lahan, serta eksploitasi (pengusahaan) tambang.

  6)   Indonesia merupakan satu-satunya habitat orangutan di dunia, tepatnya di hutan Sumatera dan Kalimantan. Namun sayang, populasi orangutan ini kian terancam karena hutan makin berkurang.

   7)   Indonesia juga merupakan satu-satunya habitat komodo, spesies kadal terbesar di dunia, tepatnya di Pulau Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Belum lama ini, Pulau Komodo disebut sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia baru.
                                              Komodo yang hanya ada di Indonesia

   8)   Indonesia adalah penghasil kopi terbesar ke-4 di dunia. Selain itu, juga menjadi penghasil cengkeh dan pala terbesar, penghasil karet dan minyak sawit mentah terbesar kedua, dan penghasil gas alam cair serta timah terbesar kedua di dunia.

Kita patut bangga menjadi warga Indonesia. Mari kita jaga kekayaan alam di Indonesia serta kita lestarikan budaya Indonesia!

[Sumber : Majalah GIRLS No 1 Tahun VIII ]


      Follow me at Twitter : @amaalial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar