Rabu, 30 Mei 2012

DINOSAUR

Jenis-jenis Dinosaurus yang pernah hidup di muka bumi ini yang saya ketahui: 

   1.  IGUANODON
          Nama Lengkap       : Iguanodon
          Nama Panggilan      : Igu
          Penemu                  : Dr. Gideon Mantell (tahun 1825)
Lokasi Penemuan    : Belgia, Inggris, Perancis, Spanyol, Afrika, Mongolia,  dan Amerika. Iguanodon sudah ada sejak planet Bumi   berupa satu benua. Ketika benua pecah dan dipisahkan lautan, maka Iguanodon terisolasi di berbagai daratan baru.
Jenis Dinosaurus   : Dinosaurus Ornithopoda. Artinya susunan tubuhnya mirip burung. Makanan Igu adalah tanaman ekor kuda, pakis, dan cemara.
Panjang                  : 10 meter.
Berat Badan           : 4 ton. Kaki belakang Igu besar, kaki depannya mengecil. Igu berjalan dengan dua kaki, namun dia berjalan dengan 4 kaki jika capek dan beristirahat. Ibu jari di tangan Igu mirip paku. Jika diserang musuh, Igu bertarung dengan ibu jari pakunya. Musuh Igu mengalami luka mengerikan di leher, muka, dan mata akibat tusukan paku Igu.
Wajah                   :  Kepala Igu termasuk besar dibandingkan badannya. Oleh karena itu, Igu termasuk  dinosaurus yang cerdas. Igu tak punya gigi, tapi dia dapat mengunyah makanan dengan rahangnya yang besar. Moncong Igu mirip kuda.
Hobi                      :  Pergi bergerombol dengan teman-temannya. Igu yang muda, hamil, atau tua berada di tengah gerombolan. Igu yang berbadan besar dan kuat melindungi mereka di tepi rombongan.




   2.  TRICERATOPS
          Nama Lengkap       : Triceratops
          Nama Panggilan      : Tricy
          Masa Hidup           : Zaman Cretasius (70-65 juta tahun lalu)
        Penemu                  : Otniel Marsh (tahun 1887). Fosil Triceratops banyak                                                          ditemukan di Montana, Amerika Serikat.
Jenis Dinosaurus   : Dinosaurus Ceratophia. Jenis dinosaurus Ceratophia punya paruh mirip kakaktua, bertanduk dan punya kipas. Dinosaurus Ceratophia termasuk pemakan tumbuhan.
Wajah                   : Tricy punya tulang berbentuk piring. Piring itu mengelilingi tanduknya. Di wajah Tricy juga terdapat 3 buah tanduk. Tanduknya sepanjang 1 meter. Kepala Tricy sepanjang 2 meter. Mulut Tricy mirip kakaktua dan tidak punya gigi. Tapi Tricy punya rahang kuat untuk mengunyah makanan.
Badan                    : Tricy berjalan dengan empat kaki. Pahanya sangat tebal dan besar. Badannya kokoh mirip binatang badak. Karena itu Tricy sering disebut binatang badak.
Fungsi Tanduk&Piring  : Para ahli dinosaurus menduga piring dan tanduk Tricy berguna sebagai senjata. Terutama saat Tricy berkelahi melawan Tyrannosaurus yang suka memangsa Tricy.

   3.  GIGANOTOSAURUS
         Nama Lengkap       : Giganotosaurus carolini
         Nama Panggilan      : Giga
Arti Nama             : Giga artinya raksasa. Notos artinya selatan. Saurus artinya kadal. Jadi Gidanotosaurus artinya kadal raksasa dari selatan.
Jenis Dinosaurus   : Dinosaurus Theropoda ( Dinosaurus Pemakan Daging)
Masa Hidup            : Zama Cretasius (100-95 juta tahun lalu)
Penemu                  : Ruben Carolini dan Rudolfo Coria pada tahun 1994 di Patogania, Argentina-Amerika Selatan. Giga termasuk dinosaurus yang baru ditemukan. Namun, Giga cukup terkenal saat ini karena ukuran badannya mengalahkan Tyrannosaurus.
Panjang Badan        : 14 meter.
Berat Badan           : 8 ton. Tangan Giga kecil, jarinya ada tiga. Kaki belakang besar dan kuat. Giga berjalan dengan 2 kaki. Ekor Giga langsing dan tegak. Berkat ekor ini, Giga dapat mendadak berbelok saat berlari kencang. Giga dapat berlari 32km/jam. Tapi, Giga juga sering jatuh saat berlari. Tulang rusuk Giga sering patah saat jatuh. Ini karena tangan Giga terlalu kecil, sehingga tangan itu tak dapat menahan Giga saat dia jatuh.
Wajah                   : Panjang kepala Giga 2 meter. Namun, otak Giga hanya sebesar buah pisang. Wajah Giga sangat menyeramkan, giginya seperti pisau gergaji. Gigi itu dapat menghancurkan mangsa.
Mangsa                  : Giga suka berburu dinosaurus pemakan tumbuhan, yaitu Titanosaurus. Giga kadang berburu sendirian, tapi ia juga sering berburu berkelompok.

   4.  TYRANNOSAURUS
        Nama Lengkap       : Tyrannosaurus
        Nama Panggilan      : Tyrex
        Jenis Dinosaurus   : Dinosaurus Theropoda (Dinosaurus Pemakan Daging)
      Masa Hidup            : Zaman Jurassic Akhir. Zaman ini disebut juga Zaman Cretasius (65 juta tahun lalu)
        Penemu                  : Henry F. Osborn (1905) di Montana, Amerika Serikat.
         Panjang Badan        : 14 meter.
Berat Badan           : 7 ton. Tyrex punya kepala sangat besar. Selama ini Tyrex dianggap sebagai dino paling cerdas. Sebenarnya, ada dino lain yang lebih cerdas yaitu Velociraptor. Leher Tyrex sangat pendek dan sangat kuat. Otot leher itu terpasang pada tulang rusuk Tyrex yang besar dan panjang. Tyrex menghentakkan rahangnya ke kanan dan ke kiri saat membunuh mangsa. Rahang itu dilengkapi gigi tajam yang mematikan
Tangan dan Kaki     : Kaki belakang Tyrex sangat besar dan kuat. Kecepatan lari Tyrex 32km/jam. Jika Tyrex lari lebih cepat, dia terjungkal karena berat badannya sendiri. Tangan Tyrex sangat kecil dan aneh. Panjang tangan depan 1 meter dan terdiri dari 2 jari. Tangan ini berguna untuk mengangkat Tyrex dari posisi tidur. Ekor Tyrex sangat panjang dan berat. Tanpa tangannya, dia tidak bisa menegakkan punggung.
Mangsa                  : Dinosaurus Triceratops. Ahli dinosaurus menemukan tulang Triceratops di fosil kotoran Tyrex. Tyrex meninggalkan Triceratops yang sekarat. Saat Triceratops sudah mati, ia kembali dan memakannya.
Cara Berburu         : Tyrex berburu sendirian. Tyrex juga suka memakan bangkai binatang. Indra penciuman Tyrex sanga tajam.
Mitos                    : Selama ini Tyrex dianggap sebagai dino paling besar dan kejam. Padahal, ada dino yang lebih besar dari Tyrex, yaitu Giganotosaurus dan Carcharodotosaurus. Ini karena Tyrex ditemukan duluan. Jadi Tyrex terlanjur diberi nama Tyrannosaurus Rex yang artinya Raja Kejam (Tyrant artinya kejam dan Rex artinya raja).
    5.  VELOCIRAPTOR
          Nama Lengkap       : Velociraptor
          Nama Panggilan      : Velocy
Arti Nama             : Pencuri super cepat. Ini karena Velocy dapat berlari super cepat dengan 60km/jam. Velocy juga dapat melompat.
Masa Hidup            : Zaman Cretasius(85-80 juta tahun yang lalu)
Jenis Dinosaurus   : Dinosaurus Theropoda (Dinosaurus Pemakan Daging)
Penemu                  : Henry F. Osborn(1924) di Mongolia. Velocy ditemukan di padang pasir Gobi. Ahli dinosaurus menduga Velocy hidup di daerah kering, panas, dan dekat mata air. Velocy juga ditemukan di Cina dan Rusia.
Panjang Badan        : Panjang badan Velocy sekitar 2 meter dan tingginya 1 meter.
Berat Badan           : Berat badan Velocy hanya 15kg. Leher Velocy berbentuk huruf S. Ekor Velocy kaku. Ekor ini berguna saat Velocy harus mendadak berbelok saat berlari kencang. Kaki Velocy ramping dan tinggi. Velocy punya ciri khas, yaitu ada cakar besar di kakinya. Cakar itu berbentuk bulan sabit. Cakar ini senjata untuk membunuh mangsa.
Wajah                   : Wajah Velocy menyeramkan. Ini karena gigi tajam Velocy yang berantakan dan menyembul keluar sepanjang mulut. Kepala Velocy datar. Ukuran kepala sangat besar dibandingkan ukuran badannya. Karena itu Velocy adalah dino yang paling cerdas.
Mangsa                  : Velocy suka berburu secara berkelompok. Mangsanya Dinosaurus Saurolopus dan Protoceratops.
Hobi                      : Velocy suka mencuri telur Protoceratops. Tentu saja Protoceratops melawan. Protoceratops menanduk dengan kepalanya. Tulang dada Velocy sampai remuk. Sebaliknya, Velocy menyerang dengan cakar sabitnya. Badan Protoceratops berdarah-darah. Pertarungan mereka menyeramkan. Karena suka mencuri, Velocy mendapat julukan pencuri secepat kilat. Dan karena cerdas, Velocy dijuluki pemangsa paling mematikan.

    6.  COELOPHYSIS
       Nama Lengkap       : Coelophysis
       Nama Panggilan      : Cophy
      Jenis Dinosaurus   : Dinosaurus Theropoda (Dinosaurus Pemakan Daging)
      Penemu                  : David Baldwin (1947)
Lokasi Penemuan    : Kuburan dino di Ghost Ranch, New Mexico, Amerika. Waktu ada bencana besar, Cophy dan teman-temannya terseret banjir. Mereka mati dan terkubur tumpang tindih satu sama lain. Konon, jika malam tiba, fosil-fosil Cophy yang sudah mati keluar dan bermain seperti hantu. Karena itu Cophy dijuluki dinosaurus hantu.
Kepala                   : Moncong panjang dan runcing, mirip kepala bayi buaya. Giginya kecil-kecil dan tajam. Matanya lebar.
Badan                    : Ramping. Panjangnya 3 meter. Berat badan ringan.
Tangan                  : Cukup panjang. Jari-jari Cophy berkuku tajam untuk meraih mangsa.
Kaki                      : Berkaki dua. Kaki Cophy panjang dan ramping. Cophy dapat berlari kencang saat mengejar mangsa.
Ekor                      : Panjang. Ekor ini untuk menjaga keseimbangan badan saat berjalan dengan dua kaki.
Makanan                : Kadal kecil, serangga, dan kodok. Bahkan, Cophy tega memakan bayi-bayi Cophy.


    7.  ALLOSAURUS
         Nama Lengkap       : Allosaurus
         Nama Panggilan      : Allo
         Jenis Dinosaurus   : Dinosaurus Theropoda (Dinosaurus Pemakan Daging)
         Penemu                  : Dr. Ferdinand Hayden
         Lokasi Penemuan    : Benua Eropa, Afrika, dan Amerika
         Masa Hidup            : Zaman Jurrasic (208-65juta tahun yang lalu)
Panjang Badan        : Panjang badan Allo mencapai 2 meter. Tinggi badan Allo saat berdiri mencapai 5 meter.
Berat Badan           : 4 ton. Allo berjalan dengan dua kaki belakang yang sangat besar. Kaki depannya mengecil, mirip tangan dengan tiga jari. Kuku jarinya tajam dan panjang.
Wajah                   : Wajah Allo sangat menyeramkan. Giginya tajam, berderet mirip belati sepanjang 10 cm. Kepala Allo besar. Namun, uniknya kepala Allo sangat ringan sehingga Allo mudah celingukan. Bagian terberat kepala Allo adalah rahang. Rahang itu terpasang pada leher yang pendek dan sangat kuat. Lehernya sekuat batu beton. Rahang dan leher ini berguna untuk membunuh mangsa. Rahang itu dapat menyeret dan mencabil seekor Diplodocus. Padahal, berat Diplodocus 11 ton alias tiga kali lipat berat badan Allo.
Cara Berburu         : Allo tidak bisa berlari cepat. Oleh karena itu Allo suka berburu secara berkelompok. Mirip cara berburu singa dan serigala zaman sekarang. Allo paling suka berburu dino pemakan tumbuhan seperti Diplodocus dan Camptosaurus. Allo suka memakan bangkai binatang.

    8.  THERIZINOSAURUS
         Nama Lengkap       : Therizinosaurus
         Nama Panggilan      : Therizino
Arti Nama             : Arti nama Therizinosaurus adalah dinosaurus tukang jagal. Itu karena Therizinosaurus punya cakar raksasa berbentuk sabit.
Jenis Dinosaurus   : Dinosaurus Pemakan Tumbuhan
Masa Hidup            : Zaman Cretasius (77juta tahun yang lalu)
Penemu                  : Maleev (1954)
Lokasi Penemuan    : Mongolia, Cina, Amerika Utara.
Keunikan                : Selama 50 tahun ilmuwan bingung memecahkan teka-teki Therizino. Pertama kali ilmuwan hanya menemukan cakar raksasa sepanjang lengan orang dewasa tanpa kepala dan badan. Ciri itu ada ciri khas dinosaurus pemakan daging (Theropoda). Cakar itu tumbuh pada 3 jari Therizino, mirip cakar yang tumbuh di tangan Tyrannosaurus dan Velociraptor. Namun, tulang belakang Therizino sangat besar, mirip tulang belakang dinosaurus pemakan tumbuhan. Itu berarti Therizino punya perut sangat besar seperti perut dinosaurus pemakan tumbuhan. Ilmuwan tidak pusing lagi ketika menemukan gigi dan kepala Therizino. Kepala Therizino sangat kecil. Giginya tumpul dan kecil-kecil. Badannya mirip angsa dengan cakar raksasa. Ilmuwan menduga Therizino keturunan dari dinosaurus pemakan daging yang berubah menjadi pemakan tumbuhan.
Guna Cakar Raksasa : Cakar Therizino berguna untuk meraih ranting pohon saat makan. Cakar Therizino juga berguna untuk melawan dinosaurus pemangsa. Therizino termasuk dinosaurus yang berjalan lambat karena kebesaran perut. Untungnya Therizino punya cakar raksasa, jadi pemangsa takut menyerang Therizino.
    9.  DIPLODOCUS
         Nama Lengkap       : Diplodocus
         Nama Panggilan      : Dippy. Bisa juga dipanggil Oldy
         Zaman Hidup          : Zaman Jurassic (208-65juta tahun yang lalu)
Jenis Dinosaurus   : Dinosaurus Sauropodomorpha (Dinosaurus Pemakan Tumbuhan). Dippy makan daun konifer(tanama sejenis cemara), pakis, lumut, dan tanaman rawa. Daun itu tidak dikunyah, tapi langsung ditelan. Dippy suka menelan batu untuk menghancurkan daun itu dalam perutnya. Hobinya makan tiada henti. Dippy bisa mati jika berhenti makan. Oleh karena itu Dippy sering berpindah tempat jika makanan di salah satu tempat habis.
Penemu                  : Samuel Williston dan Otniel Marsh (1887).
Lokasi Penemuan    : Dippy banyak ditemukan di Rocky Mountain, Utah, Wyoming, dan Colorado Amerika.
Cara Berkembang Biak : Bertelur. Telur digeletakkan sembarangan saat Dippy jalan-jalan. Mirip cara bebek bertelur.
Panjang Badan        : Panjang ekor 8 meter. Panjang leher 14 meter. Dippy dijuluki dinosaurus terpanjang. Ekornya berguna untuk menyerang musuh. Kibasan ekor Dippy sangat mematikan. Leher Dippy berguna untuk mengambil lumut di rawa-rawa. Leher itu juga dapat dijulurkan ke dalam hutan untuk mengambil daun.
Berat Badan           : 11 ton. Dippy termasuk dinosaurus yang ringan. Untuk menopang berat badan, Dippy punya 4 kaki mirip kaki gajah. Kuku kaki Dippy pendek. Namun, kuku kaki bagian tengah dilengkapi cakar. Konon, saat Dippy marah, ia berjalan dengan 2 kaki.’
Wajah                   : Kepala Dippy sangat kecil dibanding badannya. Hanya sepanjang 60 sentimeter. Letak mata di bagian belakang kepala sehingga Dippy bisa melihat ke segala arah. Moncongnya pendek. Gigi kecil-kecil mirip pensil, berkumpul rapat didepan moncong. Sayangnya, otak Dippy sangat kecil. Ahli dinosaurus menduga Dippy agak bodoh.
      10. DIMETRODON
a.    Kipas Punggung
Dimetrodon punya kipas besar di punggung. Jika ada matahari, kipas melebar untuk menyerap sinar matahari. Ilmuwan menduga kipas ini dipakai untuk mengatur suhu bandan dan menarik Dimetrodon lainnya.
b.    Dinosaurus Palsu
Banyak orang mengira Dimetrodon adalah dinosaurus. Karena, wajah Dimetrodon memang mirip dinosaurus. Badan Dimetrodon mirip reptile, padahal Dimetrodon sebenarnya adalah mamalia. Namun, ciri utama yang menunjukan Dimetrodon bukan dinosaurus adalah kaki Dimetrodon keluar ke samping, mirip buaya.
c.    Masa Hidup
Zaman Permian. Pada zaman Permian mulai muncul daratan yang ditumbuhi tanaman. Binatang yang tadinya tinggal di air ada yang mulai makan tanaman di darat. Karena itu Dimetrodon diduga tinggal tidak jauh dari air.

(Sumber : Majalah Bobo Edisi Dokter Ti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar