Rabu, 30 Mei 2012

DINOSAURUS DAN WAJAH PLANET BUMI


   1)   Wajah Hijau Permian
Wajah Planet Bumi zaman dulu berbeda dengan zaman sekarang. Pada zaman Permian, yaitu 250 juta tahun yang lalu, tanaman lumut dan paku-pakuan tumbuh di daratan yang lembab dan basah. Hutannya berupa tanaman sikas dan konifer.
Binatang yang hidup hanya amphibi dan reptil. Belum ada mamalia, burung dan manusia. Dinosaurus juga belum ada. Baru ada reptil mirip dinosaurus yang bernama Ischigualasto. Ischigualasto diduga cikal bakal dinosaurus.

   2)   Wajah Panas Triassic
Planet Bumi mengalami bencana saat zaman Permian. Gunung-gunung meletus. Gas karbon dioksida bertambah banyak. Banyak makhluk hidup yang mati. Zaman Permian berakhir. Planet bumi punya wajah baru, dinamai Zaman Triassic.
Suhu Planet Bumi di Zaman Triassic menjadi panas. Daratan luas dan kering. Tanaman berdaun kecil, tipis, dan berbiji tumbuh subur. Contohnya tanaman sikas.
Binatang reptil cocok dengan alam baru zaman Triassic. Karena reptil dapat berjalan di daratan. Reptil punya kulit untuk melindungi diri dari udara darat yang kering. Reptil juga bisa makan tanaman karena punya rahang dan gigi untuk memotong tanaman. Reptil jenis dinosaurus mulai muncul. Itulah Herrerasaurus. Ukuran dinosaurus masih kecil, hanya sampai 3 meter.
   3)   Wajah Raksasa Jurassic
Meteor jatuh ke Planet Bumi pada zaman Triassic. Reptil yang tinggal di lautan punah. Namun, reptil yang tinggal di daratan selamat.
Reptil jenis dinosaurus berkembang pesat pada zaman Jurassic karena tanaman melimpah. Dengan giginya, dinosaurus memotong dan menelan makanan tanpa mengunyah. Dinosaurus juga mempunyai kaki yang kuat untuk berjalan jauh di daratan. Jika tanaman di suatu tempat habis, dinosaurus dapat berpindah tempat.
   4)   Warna Warni Cretasius
Selama dinosaurus hidup di Planet Bumi, wajah Planet Bumi berubah lagi. Muncul tanaman berkayu, berdaun dan berbunga. Wajah Planet Bumi jadi warna-warni. Wajah Planet Bumi yang dihuni tanaman berbunga ini disebut zaman Cretasius.
Rupanya tanaman berbunga menghasilkan buah dan biji. Dinosaurus harus mengunyah buah dimulutnya. Dinosaurus yang cocok di dengan alam Cretasius adalah dinosaurus yang punya pipi. Yaitu Triceratops, Iguanodon, dan Parasaurolopus. Ternyata, tanaman mengubah jenis dinosaurus yang hidup.



Sayangnya, meteor kembali jatuh di Planet Bumi pada zaman dinosaurus. Tanaman banyak yang mati dan dinosaurus raksasa punah. Biji tanaman dan binatang kecil selamat. Binatang kecil kini menguasai Planet Bumi menggantikan dinosaurus. Padahal, pada zaman dinosaurus binatang kecil tak sanggup bersaing dengan dinosaurus. Rupanya, perubahan alam Planet Bumi selalu menghasilkan raja tanaman dan binatang baru.

(SUMBER : MAJALAH BOBO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar