Senin, 13 Agustus 2012

Mencegah Gangguan Pencernaan


Pencernaan yang kurang sehat atau terganggu akan membuat perut terasa tidak nyaman. Akibatnya, aktivitas pun terganggu. Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Berikut adalah tips untuk mencegah gangguan pencernaan yang bersumber dari Majalah GIRLS No 01 Tahun VIII

   1)      Perbanyak Makan Serat
Coba perhatikan makanan yang kita konsumsi setiap hari. Bila ternyata kita lebih banyak menyantap makanan junk food, daging merah, atau makanan berlemak tinggi, kita perlu hati-hati. Sebab, makanan tersebut butuh waktu cukup lama untuk dicerna tubuh kita.
Oleh karena itu, bila ingin pencernaan kita tetap sehat dan lancar, mulai sekarang kita
perbanyak makanan  berserat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan. Serat tersebut sangat baik bagi pencernaan kita. Bila pencernaan kita sehat tanpa gangguan, buang air besar (BAB) pun akan lancar dan teratur.

   Contoh junk food
   2)    Tidak Makan Terburu-buru
Mengunyah merupakan salah satu bagian paling penting dalam proses mencerna makanan oleh tubuh. Sebab, mengunyah tidak hanya sekedar memecah dan melumatkan makanan dalam mulut, melainkan juga proses pelepasan enzim pencernaan dari kelenjar ludah, lambung, dan usus kecil.
Oleh karena itu, saat makan usahakan tidak terburu-buru. Dengan demikian, makanan dapat terkunyah dengan sempurna dan mendapat enzim yang cukup sehingga proses pencernaan lancar dan perut pun nyaman.

  3)    Minum Yoghurt Secara Teratur
Probiotik merupakan mikroorganisme (bakteri) yang baik, yang berfungsi menjaga kesehatan pencernaan. Dalam usus atau pencernaan, prebiotik ini akan mengusir mikroorganisme jahat. Nah, prebiotik ini banyak terdapat pada minuman berfermentasi seperti yoghurt.
Oleh karena itu, minum yoghurt secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.


  4)    Hindari Makan Pedas
Cabe mengandung zat aktif capsaicin yang bersifat iritatif terhadap lambung. Zat tersebut juga merangsang produksi asam lambung.                                                                                     Yoghurt
Oleh karena itu, terlalu banyak menyantap makanan pedas dapat berakibat buruk bagi lambung. Selain terasa perih karena iritasi, asam lambung yang meningkat juga mengganggu pencernaan serta membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman.
Sebaiknya kurangi pula makanan yang mengandung gas karena dapat menyebabkan perut kembung, misalnya brokoli, kacang panjang, kubis, dan minuman berkarbonasi

  5)    Hindari Makanan Berlemak
Bila kita memiliki gangguan maag, sebaiknya jaga konsumsi makanan. Usahakan makan tepat waktu dan hindari makanan yang mengandung lemak, asam, dan berbumbu tajam yang merangsang asam lambung. Bila sama sekali tidak dapat dihindari, makanan tersebut boleh disantap sedikit dengan dipadu nasi atau makanan lain yang netral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar