Sabtu, 15 September 2012

LAMBANG PENGENAL PLASTIK



Segitiga ini merupakan petunjuk penggunaan plastik yang sangat berguna bagi tubuh kita. Ini dia kode atau lambang pengenal plastik. Biasanya, kode ini tercantum pada kemasan plastik dan di bawah wadah atau benda yang terbuat dari plastik.

     1)    PETE / PET (polyethylene terephthalate)
Kode ini biasanya terdapat pada botol plastik tembus pandang. Seperti botol air
mineral dan botol minuman siap minum lainnya. Botol dengan kode ini hanya boleh sekali pakai. Jadi, bila minumannya sudah habis, jangan digunakan lagi. Apalagi diisi dengan air hangat atau panas. Ini dapat mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik. Artinya, bisa memicu penyakit kanker pada jangka panjang.


     2)    HDPE (high density polyethylene)
Tanda ini biasa dipakai untuk botol yang berwarna putih susu, galon air minum, ataupun kursi. Pada makanan biasanya digunakan untuk susu siap minum. Pada kemasan makanan, botol semacam ini juga hanya bisa sekali pakai.


     3)    V / PVC (polyvinyl chloride)
Tanda ini dipakai pada bahan plastik yang paling sulit di daur ulang. Contohnya seperti plastik pembungkus dan botol-botol. Kandungan bahan plastik ini yang bisa lumer dan bercampur ke dalam makanan pada suhu -15° C. Akibatnya sangat berbahaya, bisa menyebabkan kerusakan ginjal dan hati.

     4)    LDPE (low density polyethylene)
Plastik ini biasanya digunakan untuk makanan, plastik kemasan, dan terasa lembek atau lentur. Plastik pembungkus makanan atau botol dengan kode ini cukup aman digunakan. Sayangnya, plastik ini hampir tidak dapat dihancurkan.

     5)    PP (polypropylene)
Wadah plastik dengan kode ini yang paling aman dan baik untuk makanan atau minuman. Biasanya plastik ini digunakan untuk tempat makanan dan botol minum bayi. Biasanya plastiknya berwarna transparan, bening, dan tembus pandang. Jadi, carilah plastik dengan kode ini untuk makanan.

     6)    PS (polystyrene)
Contohnya adalah kemasan stryrofoam, yang biasa digunakan untuk wadah makanan atau minuman sekali pakai. Bahan Polystyrene ini bisa bercampur dengan makanan, saat makanan diisikan ke dalam wadah ini. Bahan styrine ini bisa berbahaya untuk otak dan sistem syaraf.

     7)    Other atau polycarbonate
Kode ini biasanya ada 4 macam. Yaitu, SAN (styrene acrylonitrile), ABS (acrylonitrile butadiene styrene), PC (polycarbonate), dan Nylon.
Plastik ini biasa digunakan untuk tempat makanan dan minuman, alat-alat rumah tangga, komputer dan sebagainya. Plastik dengan kode 7 SAN dan ABS ini baik dan aman digunakan untuk makanan dan minuman. Hanya saja, yang kode PC sebaiknya tidak digunakan untuk makanan atau minuman. Bahan ini bisa mengeluarkan zat berbahaya untuk kesehatan kita.