Sabtu, 17 November 2012

Klasifikasi Alat Musik



Ø  Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya

a)  Idiofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari bahan dasarnya. Contoh: kolintang, simbal, marakas, drum, bongo, kabasa, angklung.

b)      Aerofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari hembusan udara pada rongga. Contoh: suling, trompet, harmonika, trombon.
c)      Kordofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai. Contoh: bass, gitar, biola, gitar,



d)      Membranofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya dari selaput atau membran. contoh : tifa, drum, kendang, tam-tam, rebana. 
e)      Elektrofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya dibangkitkan oleh tenaga listrik (elektronik). Contoh : kibor, gitar listrik, bass listrik, piano listrik.

     Ø  Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkan
a)      Alat musik pukul, menghasilkan suara sewaktu dipukul atau ditabuh. Alat musik pukul dibagi menjadi dua yakni bernada dan tidak bernada. Bentuk dan bahan bagian-bagian instrumen serta bentuk rongga getar, jika ada, akan menentukan suara yang dihasilkan instrumen. Contohnya adalah kolintang (bernada), drum (tak bernada), dan bongo (tak bernada), talempong, kendang, gong, gender, dsb.
b)      Alat musik tiup, menghasilkan suara sewaktu suatu kolom udara didalamnya digetarkan. Tinggi rendah nada ditentukan oleh frekuensi gelombang yang dihasilkan terkait dengan panjang kolom udara dan bentuk instrumen, sedangkan timbre dipengaruhi oleh bahan dasar, konstruksi instrumen dan cara menghasilkannya. Contoh alat musik ini adalah trompet, harmonika, tuba, pianika, piccolo, klarinet, trombon,horn, dan suling
c)      Alat musik petik, menghasilkan suara ketika senar digetarkan melalui dipetik. Tinggi rendah nada dihasilkan dari panjang pendeknya dawai. Contoh alat musik petik adalah gitar, gambus, cuk, cak, kontra bass, harpa, siter dan sasando.
 d)      Alat musik gesek, menghasilkan suara ketika dawai digesek. Seperti alat musik petik, tinggi rendah nada tergantung panjang dan pendek dawai. Contohnya adalah biola, rebab, celo, dan bass.
 e)      Alat musik goyang, adalah alat musik yang cara memainkannya  dengan digoyang. Contoh alat musik ini adalah angklung, tamborin, dan marakas.
 


     Ø  Fungsi Alat Musik
a)      Fungsi Melodis
    Alat musik melodis yaitu alat musik yang berfungsi untuk memainkan rangkaian susunan nada – nada yang merupakan melodi lagu. Contohnya adalah recorder, harmonika, pianika, flute, saxophone, terompet, biola, trombon, dsb.
b)      Fungsi Harmonis
Fungsi alat musik harmonis adalah untuk membunyikan banyak nada. Contohnya adalah piano, organ, gitar, dsb.
c)   Fungsi Ritmis
Fungsi alat musik ritmis hanya untuk memberi ketukan. Contoh alat musik ini adalah drum, tifa, ketipung, tamborin, dsb.