Selasa, 24 Juli 2012

SEGITIGA BERMUDA


MISTERI SEGITIGA BERMUDA

Segitiga Bermuda terkenal sejak zaman dulu. Segitiga Bermuda adalah tempat paling misteri di dunia. Konon, kapal atau pesawat yang melewati Segitiga Bermuda akan lenyap..

·         Segitiga Khayalan
Segitiga Bermuda adalah lautan dekat Benua Amerika. Lautan itu berbentuk segitiga jika ditarik garis dari Florida di Amerika Serikat, Pulau Bermuda, dan negara Puerto Rico.


·         Legenda Sargasso
Di perairan Segitiga Bermuda banyak ganggang. Air di Segitiga Bermuda hangat. Saat tiba di perairan Segitiga Bermuda, pelaut mengira sudah dekat daratan. Soalnya, ciri laut dekat daratan adalah hangat dan banyak ganggang. Pelaut merasa tertipu. Ternyata pelaut masih berada di tengah lautan yang sangat luas.
Penemu Benua Amerika, Christopher Colombus, menamai perairan ganggang itu Sargasso ( Sargasso artinya ganggang laut). Colombus heran ada ganggang laut di tengah lautan luas. Di buku hariannya, Colombus juga mencatat jarum kompas mati saat di perairan Sargasso. Perahu tidak dapat berlayar. Awak kapal pun mati kelaparan. Pelaut sangat takut saat berada di perairan sargasso. Di peta zaman sekarang, parairan Sargasso adalah salah satu wilayah Segitiga Bermuda.

·         Perahu Yang Hilang
Orang menyebut laut Segitiga Bermuda adalah laut yang mematikan. Bahasa Inggrisnya The Deadly Triangle. Sebanyak 41 kapal laut hilang di Segitiga Bermuda selama 220 tahun. Itu berarti dalam 5 tahun ada satu kapal laut yang hilang di Segitiga Bermuda. Ahli transportasi berpendapat kecelakaan satu kapal dalam 5 tahun adalah hal yang wajar. Namun, ahli transportasi tidak dapat menjelaskan kenapa kapal  itu hilang saat cuaca cerah. Lagipula, kebanyakan kapal tersebut adalah kapal yang kuat dan megah.

·         Pesawat pun Lenyap
Pesawat terbang juga banyak mengalami kecelakaan di Segitiga Bermuda.  Terjadi 125 kecelakaan pesawat terbang selama 57 tahun di Segitiga Bermuda. Pesawat itu hilang, tak pernah ditemukan lagi. Beberapa pesawat selamat setelah mengalami kerusakan di Segitiga Bermuda.
 
·         Arah yang Berubah
Penyelidikan menunjukkan arah kompas berubah jika dibawa ke Segitiga Bermuda. Arah jarum Utara di kompas sangat meleset dari arah Utara yang sebenarnya. Pilot pesawat terbang harus mengoreksi kesalahan arah jarum kompas itu. Jika tidak terkoreksi, pesawat dapat menuju arah yang salah. Pesawat yang mengikuti arah selatan kompas ternyata menuju arah tenggara. Bisa-bisa pesawat menabrak pesawat lain.

·         Semburan Gas Berbahaya
Apa yang menyebabkan hilangnya kapal laut di Segitiga Bermuda? Ada yang berpendapat kapal laut lenyap gara-gara semburan gas di laut Segitiga Bermuda. Gas berbahaya itu bernama gas metana. Semburan gas metana pernah menenggelamkan pengeboran minyak di laut. Jika ada semburan gas metana, kapal laut dapat tenggelam seperti batu. Namun, penelitian menunjukkan tidak ada gas metana di Segitiga Bermuda. Gas metana hanya ada di batas Segitiga Bermuda, jauh dari lokasi tenggelamnya kapal laut.

Ilmuwan menemukan jawaban teka-teki ganggang di Segitiga Bermuda pada tahun 2007. Arus laut Segitiga Bermuda ternyata kaya makanan yang disukai ganggang. Makanan ganggang ini tidak terlihat oleh manusia. Karena itu, ganggang tumbuh subur di tengah lautan luas Segitiga Bermuda, meskipun jauh dari daratan.


Semoga, Misteri Segitiga Bermuda dapat terkuak lagi..

·    

[Sumber : Majalah Bobo edisi Bobo File]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar