Sabtu, 29 September 2012

Misteri Garis-Garis Nazca



Di padang Nazca, Peru, terdapat garis-garis berukuran raksasa. Garis-garis itu berbentuk gambar-gambar super besar. Saking besarnya, kita hanya bisa melihat  gambar-gambar itu dari angkasa. Sebenarnya, siapa yang menggambar garis garis Nazca?
Gambar Misterius
Garis garis Nazca atau Nasca Lines  disebut juga geoglyph. Geoglyph  adalah gambar di atas tanah yang dibuat dengan menggunakan batu, kerikil, maupun tanah.
Garis-garis Nazca itu membentang di atas kawasan Pampa, Provinsi Nazca, Peru. Garis-garis itu membentuk berbagai
pola gambar raksasa. Ada yang berbentuk seperti landasan pesawat terbang dan yang paling banyak berbentuk hewan. Misalnya, laba-laba, kera, burung, paus, dan lainnya.
Dari hasil penelitian, para ilmuwan menyimpulkan bahwa Nazca Lines dibuat sekitar 200 tahun lalu. Jadi, gambar-gambar ini sudah sangat purba!

Pelukis Misterius
Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti siapa pelukis Nazca Lines. Banyak orang berpendapat bahwa Nazca Lines dilukis oleh makhluk luar angkasa atau alien.
Menurut mereka, untuk membuat gambar-gambar raksasa itu diperlukan teknologi tinggi. Pelukis Nazca Lines harus bisa melihat dari udara untuk melukis dengan tepat. Sementara teknologi manusia masa itu masih sangat sederhana.
Lain lagi pendapat para arkeolog. Mereka menduga Nazca Lines dibuat oleh Suku Cahuachi. Suku ini adalah suku Indian kuno yang tinggal tak jauh dari wilayah Nazca. Sebab pada sebuah penelitian di reruntuhan Kota Cahuachi, ditemukan monumen yang menggambarkan Nazca Lines di masa silam.

Tujuan Misterius
Para ilmuwan belum bisa memastikan untuk apa Nazca Lines dibuat. Sebagian orang menduga bahwa Nazca Lines diciptakan untuk upacara keagamaan suku Indian kuno. Gambar-gambar itu dipersembahkan untuk Dewa-Dewi mereka. Karena itu, mereka sengaja melukis dalam ukuran besar agar terlihat jelas dari langit, tempat tinggal Dewa-Dewi mereka.
Sebagian orang lagi berpendapat bahwa Nazca Lines dibuat untuk sistem pengairan atau irigasi. Sebab, setiap gambar selalu berawal dari sebuah sumber air. Gambar-gambar itu dibuat dalam ukuran besar, karena ladang pertanian yang harus dialiri air yang juga cukup luas.

Pembuatan yang Misterius
Garis-garis Nazca yang super besar itu dibuat dengan tepat. Garis-garis itu tidak melenceng atau berbelok-belok. Padahal untuk membuat garis lurus dalam ukuran besar, sangat sulit. Kecuali jika gambar itu dibuat dari ketinggian. Sementara suku Indian kuno saat itu belum punya pesawat terbang.
Hal ini membuat banyak orang menduga bahwa saat itu suku Indian kuno menggunakan balon udara untuk membuat garis-garis itu.
Namun dugaan ini dibantah para ahli yang lain. Mereka berpendapat bahwa pembuatan garis lurus ini bisa dilakukan secara sederhana. Yaitu dengan menggores tanah menggunakan 2 tongkat kayu yang disejajarkan. Lalu ada tongkat ketiga yang digunakan untuk meluruskan garis itu.
Nazca Lines juga diberi perlindungan khusus oleh para pembuatnya. Mereka memberikan lapisan kerikil kecil dan platina di setiap pinggiran garis. Dengan demikian, bentuk garis-garis itu dapat terjaga sampai ribuan tahun.

[Sumber : Majalah Bobo edisi Bobo File]